Rancangan Proses Pembelajaran
Rancangan Proses
Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 TIKKE RAYA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : VIII / 1 (Satu)
Materi Pokok : Kalor
Sub Materi : Perpindahan Kalor
Alokasi waktu : 1 x 45 Menit
A. Konpetensi inti
1. Menghayati
dan mengamalkan agama yang di anutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
(gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro aktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
meta kognitif berdasarkan keingin tahuan, tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait, penyebab fenomena, dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam rana kongkrit dan rana abtrak terkait dengan
pengenbangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaida
keilmuan
B. Konpotensi dasar dan indikator
Konpotensi Dasar
1.1 Bertamba
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kopleksitas alam dan
jagat raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari
kebesaran tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan
optik
1.3 Menunjukkan
perilaku ilmia (memiliki rasa ingin tau, objeptif, jujur, teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud inplementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
1.4 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
inplementasi, melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
1.5 Menganalisis
pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
1.6 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan,
terutama kapasitas dan konduktifitas kalor
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian Perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi.
2. Menganalisis
perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
3. Mengklafikasikan
contoh-contoh atau fenomena perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan
radiasi
4. Memahami
proses terjadinya perpindahan kalor secara konduksi konveksi dan radiasi.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian perpindahan kalor secara konduksi, konveksi,
dan radiasi melalui studi literatur yang dilakukan di kelas dengan benar.
2. Peserta
didik dapat menganalisis perpindahan kalor secara konduksi konveksi dan radiasi
melalui pengamatan di luar kelas dengan tepat
3. Peserta
didik mampu mengklasifikasikan contonh-contoh fenomena perpindahan kalor secara
konduksi konveksi dan radiasi melalui vidio/gambar tentang perpindahan kalor
yang di tampilkan oleh guru dengan baik.
4. Peserta
didik mampu memahami proses terjadinya perpindahan kalor melalui percobaan atau
praktikum yang dilakukan dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
1. Perpindahan
kalor
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan ilmiah ( scientifict Approch)
Model : Problem Based Learning
Metode : Cerama Plus
Inquiri
Pemecahan Masalah
Diskusi
Proyek
Praktikum
F. Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop
b. Film/vidio
c. Gambar/foto
d. Tabel/diagram
e. Alat
praktikum
2. Sumber
Belajar
a. Buku Ajar
Fisika VIII Aip Saripudin
b. Sumardi dan
Siti Zanab. 2013. Fisika untuk SMA/MA
Kelas X Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
c. Referensi
lain yang relevan
d. Internet
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan ( 5 Menit)
1. Guru
memberisalam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2. Guru
menkondusikan kelas,agar kondusip untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk,
menyiapkan buku pelajaran dan buku reveresi yang relevan serta alat tulis yang
di perlukan
3. Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang di peroleh
di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada tuhan
4. Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan
5. Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan di pelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan di capai.
6. Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait dengan kegiatan yang akan di
lakukan (termasuk di dalamnya pembagian kelompok kerja peserta didik )
Tabel. Sintaks Model pembelajaran berdasarkan masalah
Fase
|
Indikator
|
Aktifitas / Kegiatan Guru
|
1
|
Orientasi siswa kepada masalah
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistikyang diperlukan, pengajuan masalah, memotivasi siswa terlibat dalam
aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya.
|
2
|
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
|
Guru membantu siswa mendefenisikan dan mengorganisasikan
tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
|
3
|
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
|
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan pemecahan
masalah.
|
4
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, model dan membantu
mereka untuk berbagai tugas dengan kelompoknya.
|
5
|
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
|
Guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi
terhadap penyelidikan mereka dalam proses-proses yang mereka gunakan.
|
Comments
Post a Comment