RANCANGAN PROSES PEMBELAJARAN
RANCANGAN
PROSES PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMAN 1 TIKKE RAYA
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas
/ Semester : X /2
Materi
Pokok : Kalor
Sub
Materi Pokok : Perpindahan Kalor
Alokasi
Waktu : 1 x 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya.
1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang
mengatur karakteristik fenomena perpindahan kalor.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati- hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas
sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.8 Menganalisis pengaruh kalor
dan perpindahan kalor pada kehidupan
sehari-hari.
4.8 Merencanakan dan melaksanakan
percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan,terutama kapasitas dan konduktivitas kalor.
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
2.
Menganalisis perpindahan kalor secara konduksi, konveksi
dan radiasi
3.
Mengklasifikasikan
contoh-contoh/fenomena perpindahan kalor
secara konduksi, konveksi dan radiasi.
4.
Memahami
proses terjadinya perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
C.
|
1.
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian perpindahan kalor secra konduksi, konveksi
dan radiasi melalui studi literatur yang dilakukan dikelas dengan benar.
2.
Peserta
didik dapat menganalisis perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan
radiasi melalui pengamatan diluar kelas dengan tepat.
3.
Peserta
didik mampu mengklasifikasikan contoh-contoh/fenomena perpindahan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi melalui video
tentang perpindajan kalor yang ditampilkan oleh guru dengan baik.
4.
Peserta
didik mampu memahami proses terjadinya perpindahan kalor melalui
percobaan/praktikum yang dilakukan dengan baik.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Perpindahan Kalor
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan ilmiah (Scientifict Approach)
Model : Problem Based Learning
Metode : Ceramah
Plus
Pemecahan
Masalah
Diskusi
Proyek
Praktikum
F.
Media
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a. Laptop
b. Film/Video
c. Gambar/Foto
d. Tabel/Diagram
e. Alat
Praktikum
2.
Sumber Belajar
a. Buku
Ajar Fisika X Aip Saripudin
b. Sunardi
dan Siti Zenab. 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Bandung:
Yrama Widya.
c. Referensi
lain yang relevan.
d. Internet.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
ke-1
Pendahuluan
( 5
menit)
1.
Guru memberi salam dan menunjuk ketua
kelas untuk memimpin doa bersama.
2.
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik
membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran
dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3.
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan.
4.
Guru mengajak peserta didik untuk
proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5.
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
6.
Guru membuat kesepakatan dengan
peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya
tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
Tabel.
Sintaks Model pembelajaran berdasarkan masalah
Fase
|
Indikator
|
Aktifitas
/ Kegiatan Guru
|
1
|
Orientasi siswa kepada masalah
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistikyang diperlukan, pengajuan masalah, memotivasi siswa terlibat dalam
aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya.
|
2
|
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
|
Guru membantu siswa mendefenisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
|
3
|
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
|
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan pemecahan
masalah.
|
4
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, model dan membantu
mereka untuk berbagai tugas dengan kelompoknya.
|
5
|
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
|
Guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi
terhadap penyelidikan mereka dalam proses-proses yang mereka gunakan.
|
Kegiatan
Inti (30
menit)
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
PENDEKATAN
SAINTIFIK
|
Meminta siswa untuk membaca buku/referensi tentang perpindahan kalor.
|
Siswa membaca buku/referensi tentang perpindahan kalor.
|
Mengamati
|
Menanyakan kepada siswa ada berapa cara perpindahan kalor.
|
Siswa menjawab ada 3 cara yaitu konduksi, konveksi dan radiasi.
|
Menanya
|
Guru menanyakan apa yang dimaksud dengan perpindahan kalor secara
konduksi.
|
Siswa menjawab konduksi adalah perpindahan kalor tanpa perpindahan zat
perantara
|
Menanya
|
Guru menanyakan apa yang dimaksud dengan peprindahan kalor secara
konveksi?
|
Siswa menjawab konveksi adalah perpindahan kalor disertai perpindahan
zat perantaranya.
|
Menanya
|
Guru menanyakan apa yang dimaksud dengan peprindahan kalor secara
radiasi.
|
Siswa menjawab radiasi adalah perpindahan kalor tanpa melalui zat
perantara.
|
Menanya
|
Memberikan kesempatan kepada siwa untuk berada di luar ruangan kelas
untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan perpindahan kalor, seperti:
mengamati proses perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi,
misalnya perpindahan kalor dari cahaya matahari, panci yang diletakan di atas
api, dan air yang dimasak di kantin sekolah.
|
Siswa melakukan pengamatan di luar ruangan kelas untuk mengamati
beberapa permasalahan yang terkait dengan perpindahan kalor, seperti:
mengamati proses perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi,
misalnya perpindahan kalor dari cahaya matahari, panci yang diletakan di atas
api, dan air yang dimasak di kantin sekolah.
|
Mengamati
|
Menanyakan kepada siswa :
a.
Fenomena-fenomena apa sajakah
dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukan proses terjadinya perpindahan
kalor?
b.
Pada pancaran sinar matahari ke
bumi, perpindahan kalor secara apakah yang terjadi?
c.
Pada panci yang diletakan di
atas api, perpindahan kalor secara apakah yang terjadi?
d.
Pada air yang dimasak di dalam
panci, perpindahan kalor secara apakah yang terjadi?
|
Siswa menjawab :
a.
Panci yang dipanaskan di atas api, sendok besi yang berada di dalam
kopi panas, air yang dimasak di atas api, angin lautdan angin darat, serta
pancara sinar matahari yang sampai ke bumi.
b.
Radiasi
c.
Konduksi
d.
Konveksi
|
Menanya
|
Menampilkan gambar/video tentang perpindahan kalor.
|
Siswa mengamati gambar/video tentang perpindahan kalor.
|
Mengamati
|
Menanyakan dari gambar/video yang ditampilkan yang manakah yang
termasuk perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
|
Siswa menjawab konveksi yang gambar pertama, radiasi ke dua, konduksi
gambar ke tiga.
|
Menanya
|
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan
menyangkut hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
|
Siswa memberikan pertanyaan seperti :
1. apakah konduksi, konveksi, dan radiasi dapat terjadi secara bersamaan?
2. apakah laju kalor untuk radiasi, konveksi dan konduksi berbeda beda?
Mengapa?
|
Menanya
|
Menampung pertanyaan yang diberikan oleh siswa, dan memberikan kepada
siswa atau menunjuk siswa yang lain utnuk meenjawab pertanyaan yang diajukan
teman siswa yang pertanyaannya sudah ditampung oleh guru.
|
Siswa menjawab pertanyaan temannya yaitu :
1. Ya bisa. Contohnya pada air yang dimasak di dalam panci, konveksi
terjadi pada airnya, konduksi terjadi pada besi pancinya, dan radiasi terjadi
pada panas yang diberikan oleh api.
2. ya tentu saja berbeda-beda. Itu karena adanya perbedaan bahan yang
dilalui oleh masing masing perpindahan panas. Laju kalor pada besi tentu
berbeda dengan dia air dan di udara.
|
Menanya
|
Membagikan Lembar Kerja Siswa dan meminta siswa untuk melakukan
percobaan mengenai perpindahan kalor secara konduksi.
|
Siswa melakukan kegiatan percobaan mengenai perpindahan kalor secara
konduksi.
|
Mengeksplorasi
|
Memberikan kesempatan dan meminta kepada siswa untuk berdiskusi secara
berkelompok untuk menganalisis dan memahami berbagai informasi dari hasil
percobaan yang dilakukan.
|
Siswa berdiskusi secara berkelompok untuk menganalisis dan memahami
berbagai informasi dari hasil percobaan yang dilakukan.
|
Mengasosiasikan
|
Meminta siswa untuk membuat laporan hasil kegiatan percobaan.
|
Siswa membuat laporan hasil kegiatan percobaan.
|
Mengasosiasikan
|
Meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan percobaan
di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan.
|
Siswa mempreentasikan hasil diskusi/ kegiatan percobaan di depan kelas
dan kelompok lain memberikan tanggapan seperti :
|
Mengomunikasikan
|
Memberikan penegasan terhadap hasil belajar peserta didik.
|
Siswa sudah memahami konsep tentang perpindahan kalor.
|
Mengomunikasikan
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: mengevaluasi seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.
Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
3.
Memberi perintah mengerjakan ulangan
harian dengan jujur dan tertib di kelas;
4.
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan
tugas atau jenis kegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru;
5.
Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
6.
Menutup kegiatan pembelajaran dengan
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
H.
Penilaian
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
KI 1 dan
KI 2
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
Terlampir
|
2.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
Pilihan ganda
Uraian
Tugas (mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
3.
|
KI 4
|
Kinerja
|
Lembar laporan praktikum
|
Terlampir
|
Lampiran
Penilaian
KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1.
Instrumen penilaian sikap spiritual
ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang
dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara
langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi
sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap
spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk
Pengisian
Secara periodik,
misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual
peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4
= selalu, apabila peserta didik selalu
melakukan sesuai pernyataan.
3
= sering, apabila peserta didik sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukannya.
2
= kadang-kadang, apabila peserta didik
kadang-kadang melakukan dan
sering
tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik
tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal
… s.d. ….
No
|
Aspek
Pengamatan
|
|
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia
Tuhan
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
4
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
5
|
Melaksanakan ibadah keseharian baik
yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai
dengan agama yang dianutnya
|
|
Jumlah Skor
|
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Pengamatan
|
Jumlah
|
Rerata
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian
KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen penilaian sikap sosial ini
berupa Lembar Observasi. Sikap sosial
yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA meliputi:
a. jujur
b. kreatif
c. disiplin
d. tanggung
jawab
e. toleransi
f.
gotong royong
g. santun
h. responsive
i.
pro aktif
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Secara
periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial
peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila
peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila
peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukannya.
2 = kadang-kadang,
apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Tabel Daftar
Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian
|
Contoh Indikator
|
|
·
Tidak menyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan
·
Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
·
Mengungkapkan perasaan apa
adanya
·
Menyerahkan kepada yang
berwenang barang yang ditemukan
·
Membuat laporan berdasarkan
data atau informasi apa adanya
·
Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
|
1.
Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan,
tindakan, dan pekerjaan.
|
|
2.
Kreatif
Kemampuan seseorang untuk
melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik
dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang
belum pernah ada sebelumnya.
|
·
Menghasilkan ide/karya
inovatif yang
dipublikasikan/dipasarkan.
·
Menghasilkan ide/karya
inovatif untuk kalangan sendiri/ skala
kecil.
·
Memodifikasi dan menggabungkan
beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.
·
Mencoba membuat ide/karya dari contoh yang sudah ada.
|
3.
Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
·
Datang tepat waktu
·
Patuh pada tata tertib atau
aturan bersama/ sekolah
·
Mengerjakan/mengumpulkan tugas
sesuai dengan waktu yang ditentukan
·
Mengikuti kaidah berbahasa
tulis yang baik dan benar
|
4.
Tanggung jawab
adalah sikap dan perilaku
seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia
lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan
budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
·
Melaksanakan tugas individu
dengan baik
·
Menerima resiko dari tindakan
yang dilakukan
·
Tidak menyalahkan/menuduh orang
lain tanpa bukti yang akurat
·
Mengembalikan barang yang
dipinjam
·
Mengakui dan meminta maaf atas
kesalahan yang dilakukan
·
Menepati janji
·
Tidak menyalahkan orang lain
utk kesalahan tindakan kita sendiri
·
Melaksanakan apa yang pernah
dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
5.
Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang
menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
|
·
Tidak mengganggu teman yang
berbeda pendapat
·
Menerima kesepakatan meskipun
berbeda dengan pendapatnya
·
Dapat menerima kekurangan orang
lain
·
Dapat mememaafkan kesalahan
orang lain
·
Mampu dan mau bekerja sama
dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan
keyakinan
·
Tidak memaksakan pendapat atau
keyakinan diri pada orang lain
·
Kesediaan untuk belajar
dari (terbuka terhadap) keyakinan dan
gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
·
Terbuka terhadap atau kesediaan
untuk menerima sesuatu yang baru
|
6.
Gotong royong
adalah bekerja bersama-sama
dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas
dan tolong menolong secara ikhlas.
|
·
Terlibat aktif dalam bekerja
bakti membersihkan kelas atau sekolah
·
Kesediaan melakukan tugas
sesuai kesepakatan
·
Bersedia membantu orang lain
tanpa mengharap imbalan
·
Aktif dalam kerja kelompok
·
Memusatkan perhatian pada
tujuan kelompok
·
Tidak mendahulukan kepentingan
pribadi
·
Mencari jalan untuk mengatasi
perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
·
Mendorong orang lain untuk
bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
|
7.
Santun
adalah sikap baik
dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan
bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu
tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.
|
·
Menghormati orang
yang lebih tua.
·
Tidak meludah di
sembarang tempat.
·
Tidak menyela
pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
·
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
·
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa)
·
Meminta ijin ketika
akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
·
Memperlakukan orang
lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
|
8.
Responsif
Adalah kesadaran akan tugas
yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam
menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab
yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya
|
·
Tanggap terhadap kerepotan
pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan
·
Berperan aktif terhadap
berbagai kegiatan sekolah dan/atau social
·
Bergerak cepat dalam
melaksanakan tugas/kegiatan
·
Berfikir lebih maju terhadap
segala hal
|
9.
Pro aktif
Adalah sikap seseorang yang
mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap
proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk
memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat
pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.
|
·
Berinisiatif dalam bertindak
terkait dengan tugas/pekerjaan atau social
·
Mampu memanfaatkan peluang yang
ada
·
Memiliki motivasi untuk terus
maju dan berkembang
·
Fokus pada hal-hal yang memungkinkan untuk diubah atau
diperbaik
|
C. Lembar Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal
… s.d. ….
No
|
Nama Peserta Didik
|
|
|
Sikap
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Kreatif
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Responsif
|
Pro aktif
|
||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian
KI 3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan
uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1.
Suhu kulit seseorang sekitar 32 °C.
Jika orang yang luas permukaan tubuhnya sekitar 1,6 m2 berada dalam
ruang yang suhunya 22 °C, berapa kalor yang dilepaskan tubuh orang itu melalui
konveksi selama 5 menit? (h = 77 Wm-2K-1)
2.
Kawat lampu pijar seluas 50 mm2
meradiasikan energi dengan laju 2,835 W. Jika kawat pijar dapat dianggap sebagai
benda hitam sempurna, berapa suhu permukaannya?
3.
Sebuah benda hitam berbentuk bola yang
luas permukaannya 20 cm2 dijaga pada suhu konstan. Berapa laju kalor
yang dipancarkan?
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian
KI 4
Penilaian Kinerja
![]() |
Lakukan kegiatan berikut ini!
Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
A. Tujuan
Membuktikan bahwa kalor/panas dapat
berpindah melalui cara konduksi.
B. Alat dan Bahan
1.
Paku Panjang
2.
Kain
3.
Mentega
4.
Paku Tindis
5.
Lilin
C. Langkah Kerja
1. Siapkanlah
alat dan bahan yang akan digunakan.
2. Tempellah
3 paku tindis dengan jarak berbeda pada paku menggunakan mentega.
3. Nyalakan
lilin, lalu panaskan ujung paku.
4. Perhatikan
apa yang terjadi pada mentega dan paku tindis setelah dipanaskan beberapa saat.
5. Tuliskanlah
pengamatanmu pada kolom isian di bawah lalu bandingkan dengan konsep konduksi.
D. Hasil Pengamatan
……………………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
E. Hasil Analisis Guru
……………………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
Mengetahui,
Guru
Kelas/Mata Pelajaran Kepala
Sekolah ..........................
_______________________ _______________________
NIP NIP
Comments
Post a Comment